Butuh Waktu 3 Bulan, Perbaikan Jembatan Labanasem Banyuwangi Potensi Timbulkan Kemacetan - Radar Banyuwangi

Butuh Waktu 3 Bulan, Perbaikan Jembatan Labanasem Banyuwangi Potensi Timbulkan Kemacetan - Radar Banyuwangi

Radarbanyuwangi.id – Kerusakan jembatan di jalan nasional III Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, mulai dibenahi Senin (13/5). Perbaikan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Jatim.

Perbaikan jembatan dijadwalkan tuntas hingga tiga bulan ke depan, terhitung sejak 10 Mei hingga 10 Agustus 2024 mendatang.



Senin (13/5) proyek tersebut sudah mulai dikerjakan dengan menurunkan satu alat berat. Perbaikan tersebut memicu kemacetan arus lalu lintas dari dua arah.

Sejumlah material sudah disiapkan. Proses pengerjaan perbaikan jembatan dilakukan dua tahap. Tahap pertama pengerukan di sebelah barat jalan. Sedangkan proses selanjutnya pengerukan di sisi timur.

Selama proses pengerjaan, tidak terpasang papan nama proyek seperti pekerjaan yang lain. Berapa anggarannya, perusahaan mana yang mengerjakan, jenis pekerjaan, hingga waktu pengerjaan tidak jelas. Bahkan, sejumlah pekerja enggan memberikan penjelasan saat dikonfirmasi.

”Bukan wewenang kita memberikan penjelasan karena kita hanya pekerja proyek saja,” ujar salah satu pekerja proyek yang menolak menyebutkan namanya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU-CKPP) Banyuwangi Suyanto Waspo Tondo Wicaksono membenarkan jika proyek tersebut merupakan proyek BPJN Jatim.

”Itu proyeknya Kementerian PUPR untuk perbaikan jembatan,” kata Yayan, panggilan akrab Suyanto Waspo Tondo Wicaksono.

Pemerintah daerah hanya mendukung adanya proyek tersebut serta mengoordinasikan terkait fasilitas umum (fasum) yang terdampak proyek.

”Kami sebatas koordinasi. Proyek tersebut akan mengganggu jaringan listrik, air, dan telepon.  Perbaikan jembatan tersebut akan memakan waktu hingga tiga bulan dengan dua kali tahapan,” katanya.

Yayan mengimbau masyarakat supaya berhati-hati ketika melewati kawasan tersebut serta mematuhi rambu-rambu yang sudah dibuat oleh petugas.

”Harap hati-hati, khususnya saat malam hari. Pastinya ada kemacetan yang terjadi di lokasi pengerjaan proyek,” tegasnya. (rio/aif/c1)


https://www.kabarbanyuwangi.info/butuh-waktu-3-bulan-perbaikan-jembatan-labanasem-banyuwangi-potensi-timbulkan-kemacetan-radar-banyuwangi.html
Butuh Waktu 3 Bulan, Perbaikan Jembatan Labanasem Banyuwangi Potensi Timbulkan Kemacetan - Radar Banyuwangi Butuh Waktu 3 Bulan, Perbaikan Jembatan Labanasem Banyuwangi Potensi Timbulkan Kemacetan - Radar Banyuwangi Reviewed by Dwi on 21.25.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.